This blog is all about mystery, paranormal, sighting, ghost, interesting discovery, history and so much more. Written in Malay and English, I've been targeting and dedicating this blog to everybody who has the ability to digest the content and open his or her mind to all possibilities. Many of the topics presented might seems illogical and unscientific to be precise. Remember, science is based on logic and logic is acquired by mankind from his limited knowledge and experiences. Holding the premise that logic could help us to survive, it could also lead our life astray. The thing is, logic is pure in its own right but the only problem we have now with logic is, we don't have suffice knowledge to distinguish between what is logic and what is not. Remember, the idea of airplane seems irrational and illogical in 6th century but now, you know it's highly logical and rational.

So... Please Open Your Mind....

Wednesday, May 21, 2008


Dalam dunia penyembuhan alternatif, nama REIKI sudah tidak asing lagi. Namun bagi mereka yang belum mengetahui tentang apa itu reiki, sekarang anda diberi kesempatan untuk berkenalan dengan teknik yang hebat ini. Apa yang menarik tentang reiki ini antaranya ialah anda tidak perlu menyentuh seseorang untuk menyembuhkannya. Ini kerana, aliran tenaga kosmik yang dipancarkan dari kedua telapak tangan pengamal reiki mampu merawat seseorang dari jarak jauh.


Artikel di bawah yang dipetik dari Energisemesta.com menceritakan tentang apa itu reiki dengan agak mendalam:


APAKAH ITU REIKI?


Reiki, adalah bahasa Jepun (disebut“RAY-key”) bererti energi kehidupan alam semesta, atau energi Ilahi, dan dipercaya sistem penyembuhan ini awalnya berasal dari Tibet. Dikatakan bahwa praktek penyembuhan ini berasal dari naskah-naskah kuno ribuan tahun yang lalu. Naskah kuno yang diketahui telah berusia lebih dari 5,000 tahun. Reiki bukanlah agama atau segala hal yang berhubungan dengan itu. Seni penyembuhan terdapat hampir disemua kebudayaan dan tradisi diseluruh dunia. Reiki adalah kesatuan dari semua konsep tersebut, yang sekarang telah dapat diterima diseluruh dunia. Reiki mengajarkan kesatuan dan keharmonisan. Reiki adalah keharmonisan dengan alam dan dapat digunakan untuk membantu penyembuhan manusia, tumbuhan, dan binatang, dan dapat juga membantu kemurnian dan keharmonisan air dan udara. Reiki diperkenalkan pada awal abad 20 di Jepun. Sistem Reiki berkembang dan disebarkan dengan sistem penyelarasan atau attunement. (dalam bahasa Jepun, disebut Reiju, yang bererti ‘menerima energi). Sekarang telah dipelajari jutaan orang diseluruh dunia.


Dr. Mikao Usui


Reiki ditemukan oleh Mikao Usui setelah beliau melakukan perjalanan spiritual yang cukup panjang dan melakukan meditasi di Gunung Kurama selama 21 hari. Pada hari-hari terakhir beliau bermeditasi, beliau dianugrahi Satori (pencerahan spiritual) dan kemampuan untuk menyembuhkan diri sendiri dan orang lain. Sebenarnya pada awal system ‘Reiki’ ditemukan, Sensei Usui tidak menamakannya dengan istilah “Reiki”, beliau menyebutnya dengan istilah “Metode Untuk Mencapai Manusia Sempurna”, sedangkan murid-muridnya menyebut system ini dengan istilah “Usui Do” atau “Usui Teate”.


Istilah “Reiki” sendiri sebenarnya pertamakali digunakan oleh beberapa orang murid Sensei Usui yang hanya mempelajari sebagian aspek yang diajarkan oleh Sensei Usui (sepeninggal Usui wafat, mereka membentuk perkumpulan Usui Reiki Ryoho Gakkai ). Untuk lebih mudahnya, istilah Reiki selanjutnya kita ertikan sebagai seni olah spiritual yang didalamnya terdapat sebuah system penyembuhan yang sangat sederhana dengan penyaluran energi kehidupan/energi alam semesta yang diterapkan dengan azas pemasrahan diri pada kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa.


Para Tibetan Buddhis sendiri mempunyai sistem penyembuhan yang biasa mereka gunakan seperti energi penyembuhan dari Buddha Obat atau Baishajaraja. Teknik ini sama seperti Reiki. Reiki diajarkan secara terus menerus dari seorang guru atau master kepada muridnya. Berbagai kebudayaan dan tradisi yang terdapat dalam masyarakat pada hakikatnya adalah metode Reiki itu sendiri seperti ilmu pengobatan dari Tibet. Teknik Penyembuhan Reiki adalah sebuah bentuk penyembuhan yang “Tidak Konfrontatif” meringankan berbagai masalah dan trauma yang berbeda dengan cara yang sangat lembut.


Karena sifatnya yang universal, Reiki dapat dipelajari oleh siapapun, tanpa memandang agama, keyakinan, usia, maupun tingkat spiritual seseorang . Semua yang anda perlukan adalah niat yang tulus untuk menyembuhkan dan disembuhkan. Salah satu keunikan seni penyembuhan Reiki adalah, Reiki berkerja disetiap tingkat penyembuhan dalam diri seseorang yang meliputi tubuh fisik, emosi, mental dan spiritual. Dengan kata lain Reiki menciptakan kesembuhan secara menyeluruh (holistic).


Selain itu Reiki juga mempunyai kecerdasan tersendiri, dimana energi Reiki akan bekerja sesuai dengan keperluan tanpa harus diarahkan dengan usaha yang keras seperti dengan menggunakan tehnik lain/aliran lain yang boleh menguras energi penyembuh/praktisi. Energi Reiki juga dapat dikirimkan dari kejauhan dan bahkan melintasi ruang waktu dan tempat (antar negara & benua).


Apakah itu attunement?


Attunement adalah proses penyelarasan dan penghubungan energi siswa dengan energi Reiki. Istilah attunement banyak dipakai oleh para Reiki Master dari dunia barat, sedangkan bentuk asli dari attunement adalah “Reiju”. Reiju diberikan oleh Sensei Usui kepada murid-muridnya yang berfungsi sebagai pemberian attunement (penyelarasan) dan empowerment (penguatan) energi Reiki yang telah diterima. Attunement hanya boleh dilakukan oleh seorang Reiki Master yang berhak dan mampu. Kemampuan seorang Master Reiki untuk melakukan sesuatu proses Attunement adalah didapatkan dari Master Reiki sebelumnya, dengan suatu proses yang sama. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa Attunement/Reiju merupakan sesuatu yang bersifat turun-temurun dari suatu generasi Reiki ke generasi berikutnya. Hal ini dapat dibuktikan dengan melihat silsilah keilmuan Reiki (linegae) yang akan berpusat ke Usui.


Setelah anda di-attunement/di-reiju oleh Master Reiki, maka anda telah terhubung dan terselaraskan dengan sumber energi Reiki, sehingga anda dapat mengakses dan menyalurkan energi Reiki baik kepada sendiri maupun ke objek lain. Proses attunement juga bererti cara Reiki untuk “menghubungkan kembali” dan “menyelaraskan” manusia sebagai mikrokosmos dengan alam semesta jagad raya sebagai makrokosmos.


Attunement Reiki juga bersifat menyelaraskan sekaligus membersihkan badan eterik secara menyeluruh. Oleh karena itu seringkali terjadi beberapa peserta pelatihan Reiki secara “mendadak” terbangkit pula kemampuan psikisnya. Kasus yang sering terjadi adalah munculnya kemampuan : Clairvoyance, atau Clairaudience dari para peserta pelatihan Reiki-Ho.


Silakan ke http://energisemesta.com/?p=10 untuk mengetahui kelebihan dan faedah reiki dengan lebih lanjut.

1 comments:

Team Japan said...

Hello! I am a Tibet supporter from Japan.
Please read this letter written by Dr. Robert Thurman that
includes a great idea to make " Dialogue between the
Dalai Lama and Hu Jintao" happen at the G8 Summit
this July in Japan. Sign this letter and send it to your
country's leader immediately! Let's make this happen!

the detail is here.
http://www.facebook.com/group.php?gid=33931935464
http://www8.atwiki.jp/zali/pages/125.html
http://profile.myspace.com/fttj2008
Free Tibet Team Japan
info.fttj@gmail.com